Ticketing System

Apa itu Ticketing System

Mulai tahun 2012, ITB menerapkan sistem ticketing (ticketing system) untuk keperluan komplain masalah, saran dan kritik tentang Layanan dan Sumber Daya yang diberikan dari ITB. Dengan ticketing system, masalah anda akan langsung dikirimkan kepada yang bertanggung jawab menangani bidangnya, dan anda bisa memantau masalah anda, apakah sudah di respon, sudah selesai, ataupun ditampung sementara karena masalah belum dapat terselesaikan.
Selagi menunggu masalah terselesaikan, anda bisa membaca tutorial / pedoman yang sudah dituliskan di situs ini. Apabila masalah yang terjadi merupakan masalah yang cukup serius, setelah masalah tersebut selesai ditangani, akan ditambahkan sebuah konten baru tentang penjelasan / pedoman menyelesaikan masalah tersebut jika terulang di lain waktu. Pastikan anda sudah membaca pedoman dan tutorial sebelum anda melakukan submit ticketing.

Tutorial Ticketing System

Untuk memulai menggunakan ticketing system, anda dapat langsung mengunjungi link berikut ini. Pada halaman awal, terdapat field untuk login, gunakan username dan password akun INA untuk masuk ke Ticketing System. Jika data yang anda masukkan valid, anda akan masuk ke Ticketing System kami

Jika anda baru pertama kali menggunakan dan belum pernah membuat ticket, halaman welcome akan muncul. Jika anda sudah pernah menggunakan maka tampilan "home" anda adalh daftar ticket yang sudah anda buat. Untuk membuat ticket baru cukup klik button "Create your first ticket" atau melalui Navigation Bar dengan klik menu "New Ticket". Sebuah halaman baru akan muncul

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah kolom perihal. Pilih masalah yang sesuai dengan yang anda hadapi. Permasalahan yang salah alamat kemungkinan besar tidak akan direspon. Lengkapi juga field lain yang disediakan yaitu Subject dengan sebuah kalimat singkat yang menjelaskan masalah anda. Isi Field Text dengan pengalaman anda tentang masalah itu.

Akan lebih baik jika anda memberikan sebuah screenshot untuk membantu investigasi masalah. Klik Choose File (jika pada browser Chrome) atau Browse (jika memakai browser Mozilla Firefox) dan lampirkan gambar (screenshot) anda. Lalu klik submit

Anda akan kembali ke halaman utama yang menampkan daftar tiket yang sudah anda buat. Untuk mengecek status tiket anda, klik salah satu judul tiket yang sudah anda buat

Anda akan mendapat balasan otomatis jika kami menerima ticket anda. Jika belum menerima anda bisa menunggu beberapa saat terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membuat ticket baru. Jika ticket anda sudah terkirim, anda tinggal menunggu respon dari Person In Charge (PIC) dari masalah anda, selagi menunggu, anda bisa membaca tutorial / pedoman yang mungkin akan menyelesaikan masalah anda lebih cepat dan membantu troubleshooting yang kami lakukan

Jika masalah anda sudah ditangani anda akan menerima pesan pada Ticketing System anda (atau email anda) tentang kelanjutan masalah tersebut, dan kondisi masalah tersebut sekarang. Jika masalahnya berhasil di selesaikan, anda dapat melihat "State : closed successful" pada bagian atas ticket anda, jika masalah anda tidak berhasil diselesaikan, anda akan melihat "State:  closed unsuccessful" pada bagian atas. Jika pada informasi menunjukkan bahwa state closed (successful / unsuccessful), topik anda akan ditutup dan tidak direspon lagi.